Selasa, 15 April 2014

Pasar Sempurna dan Pasar tidak sempurna (PIEP)by Hendro salea




PENGANTAR ILMU EKONOMI PETERNAKAN
PASAR SEMPURNA DAN PASAR TIDAK SEMPURNA

DISUSUN

O
L
E
H




NAMA : Hendro F. V Salea
NIM: 13041104038
KELAS : A






Pengertian Pasar
adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk bertransaksi barang atau jasa.

Struktur Pasar
    Adalah berbagai hal yang dapat memengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar, seperti jumlah perusahaan, skala produksi, dan jenis produksi.

    Struktur pasar yang kompetitif adalah struktur pasar di mana perusahaan-perusahaan yang ada didalamnya sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk memengaruhi harga dan jumlah barang dipasar.

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Definisi
    Pasar persaingan sempurna adalah pasar dengan ciri-ciri banyak terdapat pembeli dan penjual, barang yang diperdagangkan bersifat homogen, informasi pasar lengkap, dan harga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran.

Ciri-ciri:
1.Terdapat banyak pembeli, tetapi mereka tidak mampu memengaruhi harga

2.Terdapat banyak penjual

3.Barang dan jasa yang dijual bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan

4.Adanya kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar persaingan sempurna

5.Setiap pihak dapat mengetahui keadaan pasar dengan mudah (perfect information)

6.Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan

Peran pasar persaingan sempurna bagi masyarakat
             Pasar persaingan sempurna bersifat datum, artinya produsen tidak akan memengaruhi harga dengan cara menambah atau mengurangi produksi.
Pasar persaingan sempurna juga akan merangsang produsen untuk menerapkan teknologi maju, cara kerja baru, dan dapat menekan biaya seminimal mungkin sehingga dapat memproduksi dengan harga pokok dibawah harga pasar untuk mendapatkan keuntungan.
   Pasar persaingan sempurna juga mendidik masyarakat melakukan proses produksi secara efisien, sehingga produk yang sampai ke masyarakat adalah produk dengan mutu terbaik dan harga murah.
    
Kebaikan pasar persaingan sempurna 
1. Harga terbentuk berdasarkan interaksi permintaan dan penawaran 
2. Harga menjadi indikator kinerja produsen
3. Fungsi produksi berlangsung secara efisien 
4. Harga barang logis, sesuai dengan permintaan pasar
5. Sumberdaya produksi bebas keluar masuk, sehingga kegiatan ekonomi lebih sehat.
 
Keburukan pasar persaingan sempurna 
    1. Barang yang diperdagangkan bersifat homogen
    2. Tidak ada keunggulan produk dibandingkan produk lain
3. Inovasi menjadi terhambat


PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA

Pasar Monopoli (mono = satu, poli = penjual)
Definisi
    Bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar dan perusahaan ini tidak mempunyai barang pengganti (substitusi) yang sangat dekat.

     Sebagai penentu harga (price-setter), seorang monopolis dapat menaikkan harga dengan cara mengurangi jumlah produknya.
     Ciri-ciri
1.Hanya ada satu orang penjual 
2.Terdapat banyak pembeli
3.Produk untuk pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti(substitusi) yang dekat 
4.Adanya hambatan untuk masuk ke dalam pasar
  
Secara langsung atau tidak langsung, perusahaan-perusahaan yang mempunyai kesempatan untuk memonopoli suatu pasar, akan berusaha membuat hambatan/ batasan untuk menyulitkan pendatang baru, yakni:
1. Penetapan harga serendah mungkin
2. Adanya kepemilikan terhadap hak paten atau hak cipta dan hak eksklusif
3. Pengawasan yang ketat terhadap agen pemasaran dandistribusi
4. Adanya skala ekonomis yang sangat besar
5. Memiliki sumber daya yang unik



 Penyebab timbulnya pasar monopoli
1.Ditetapkan oleh undang-undang
2.Penggabungan dari berbagai perusahaan
3.Adanya hasil cipta atau karya seseorang

Kebaikan pasar monopoli
1.Menghindari produk tiruan dan persaingan yang tidak bermanfaat
2.Menimbulkan skala ekonomi yang menurunkan biaya produksi
3.Terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan
4.Mendorong penggunaan mesin-mesin generasi terbaru dengan tingkat teknologi tinggi
5.Mendorong peningkatan kinerja departemen penelitian dan pengembangan

Keburukan pasar monopoli
1.Penyalahgunaan kekuatan ekonomi
2.Adanya pelecehan terhadap posisi konsumen
3.Adanya kesenjangan dalam pembagian
4.Tidak adanya persaingan
5.Mengurangi kesejahteraan konsumen

Peran pemerintah dalam pasar monopoli
1.Mencegah timbulnya monopoli itu sendiri
2.Pemberian izin kepada perusahaan baru
3.Menambah penawaran barang dalam negeri dengan jalan impor
4.Pemerintah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET)

Pasar Oligopoli
Definisi
Pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.

Jumlah perusahaan pada pasar oligopoli umumnya lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.

Ciri-ciri
1.Terdapat banyak pembeli dipasar
2.Hanya ada beberapa penjual       
3.Produk yang dijual bisa bersifat homogen dan bisa juga berbeda, tetapi  memenuhi  standar tertentu
4.Terdapat hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru
5.Adanya saling ketergantungan
6.Penggunaan iklan sangat efektif



Pasar Monopolistik
Definisi
      Pasar monopolistik adalah suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang serupa, tetapi memiliki perbedaan pada beberapa aspek.

Ciri-ciri
1. Terdapat banyak produsen atau penjual
2. Jenis barang yang dipasarkan berbeda 
3. Adanya kemampuan produsen untuk memengaruhi harga
4. Produsen lain mudah masuk ke dalam pasar
5. Promosi penjualan harus aktif

Kebaikan pasar monopolistik 
1.Barang yang diperdagangkan berbeda, walaupun fungsinya sama
2.Perusahaan terdorong untuk melakukan inovasi
3.Masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik.
Keburukan pasar monopolistik
1.Biaya promosi tinggi
2.Harga barang berada pada tingkat tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar